Selamat datang meow... Semoga ada artikel yang dapat bermanfaat untuk Anda.. meow... Salam kenal.. meow..meow..

Kamis, 17 Februari 2011

GAME PC - tugas softskill

Permainan di komputer atau yang lebih sering kita sebut Game PC atau PC Game adalah aplikasi permainan pada yang menggunakan perangkat komputer. Pada saat ini PC Game sangat berkembang pesat. Namun bagaimana awal perkembangan PC game dan apa saja jenis-jenisnya..

PERKEMBANGAN GAME PC

Pada tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO, game grafis noughts and crosses (nol dan silang). Game ini dibuat di University of Cambridge. Saat itu sebenarnya ini dibuat untuk mendemontrasikan tesis Douglas tentang interaksi manusia dan komputer.Permainan ini masih populer hingga saat ini.
Namun sebenarnya dipercaya sejak tahun 1947 game sudah mulai didesain untuk dimainkan di layar (cathode ray tube). Game sederhana dirancang oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann.Tanggal 14 Desember 1948, aplikasi ini mendapatkan paten. Sistem yang dibuatnya terdiri dari 8 vacum tubes dan menyimulasikan peluru ditembakkan pada target, terinspirasi dari display radar pada Perang Dunia II. Beberapa knop disediakan untuk mengatur kurva dan kecepatan titik yang mewakili peluru. Karena grafik belum bisa dibuat waktu itu, target penembakan digambar pada sebuah lapisan yang kemudian ditempelkan pada CRT. Diyakini bahwa ini adalah sistem pertama yang secara spesifik didesain untuk game pada layar CRT.
Hingga saat ini Game PC terus berkembang pesat, walaupun sudah banyak bermunculan console game (seperti PlayStation, X-Box, dll). Penggunaan Game PC sudah dapat dilakukan multiplayer yang berdomisili di tempat yang jauh.

JENIS-JENIS GAME PC

Sebenarnya jika diingin dibedakan jenisnya Game PC akan sangat banyak sekali. Namun, kurang lebih sebagian besar adalah sebagai berikut:

1. SIMULASI/SIMULATION
adalah game yang memiliki alur seperti simulasi. ada beberapa variasi dari game simulasi ini antara lain:

a. Simulasi kehidupan
game ini seperti menggambarkan tentang kehidupan nyata. Seperti manusia/hewan dengan perkembangannya, kehidupan sosial, lingkungan, dan lain-lain. Tantangan pada game ini adalah bagaimana caranya agar pemain dapat menjalankan segala permasalahan dari karakter yang dimainkannya. Contohnya:Sim City, The Sims, Tamagochi.

b. Simulasi kendaraan
Game ini menggambarkan interaktifitas yang mirip dengan kendaraan yang aslinya, muskipun terkadang kendaraan tersebut masih eksperimen atau bahkan fiktif, tapi ada penekanan khusus pada detil dan pengalaman realistik menggunakan kendaraan tersebut. Terbagi atas beberapa jenis :
-Perang. ini menggunakan kendaraan perang . Contohnya Apache 64, Comanche, Abrams, YF-23, F-16 fighting eagle.

-Balapan. ini memberikan pengalaman layaknya seorang pembalap. Contohnya : Top Gear, Test Drive, Sega Rally Championship, Daytona, Grand Turismo, Need For Speed, Mario Cart, ManXTT.

-Luar Angkasa. ini menggambarkan pengalaman berkendara diluar angkasa. Contohnya:Wing Commander, Freelancer , Star Wars X-Wing, Star Wars Tie Fighter

c.Mecha
Mecha merupakan sebutan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan robot. Pada game ini pemain akan seperti mengendalikan robot. Contohnya :Mechwarrior, Gundam Last war Chronicles, dan Armored Core.


2.EDUCATION
Game ini dibuat tidak hanya untuk hiburan namun juga agar pemain berpikir lebih cepat dan cerdas untuk memenangkan game ini sehingga dapat mendorong cara belajar si pemain.Game jenis ini ada 2 yaitu:

a.Edugames
sesuai namanya, Game ini dibuat memang untuk belajar seperti huruf, angka, berhitung, membaca, dan lainnya yang berhubungan dengan pendidikan.Contohnya :Bobby Bola, Dora the explorer, Petualangan Billy dan Tracy.

b.Puzzle
Game ini berisikan permainan teka-teki. Pemain harus berpikir cerdas untuk memenangkan Game ini. Contohnya: Tetris, Minesweeper, Bejeweled, Sokoban dan Bomberman.


3.ENTERTAINMENT
Game ini dibuat hanya untuk hiburan semata.Ada beberapa jenisnya lagi yaitu:

a.Shooting
(tembak-tembakan , atau hajar-hajaran bisa juga tusuk-tusukan, tergantung cerita dan tokoh di dalamnya), video game jenis ini sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, juga timing, inti dari game jenis ini adalah tembak, tembak dan tembak. Termasuk didalam-nya:
- First person shooting (FPS) seperti Counter Strike dan Call of Duty.

- Drive n’ shoot, menggunakan unsur simulasi kendaraan tetapi tetap dengan tujuan utama menembak dan menghancurkan lawan, contoh : Spy Hunter, Rock and Roll. Racing, Road Rash.
- Shoot em’ up, seperti Raiden, 1942, dan gradius.
- Beat ‘em up (tonjok hajar) seperti Double Dragon dan Final Fight, lalu hack and slash (tusuk bebas) seperti Shinobi dan Legend of Kage.
- Light gun shooting, yang menggunakan alay yang umumnya berbentuk seperti senjata, seperti Virtua Cop dan Time Crisis.
b.Fighting ( pertarungan )
Game ini memang memerlukan kecepatan refleks dan koordinasi mata-tangan, tetapi inti dari game ini adalah penguasaan jurus (hafal caranya dan lancar mengeksekusinya), pengenalan karakter dan timing sangatlah penting. Contohnya: Seri Street Fighter, Tekken, Mortal Kombat, Soul Calibur dan King of Fighter

c.Aksi – Petualangan
game jenis ini sudah berkembang jauh hingga menjadi genre campuran action beat-em up juga, dan sekarang, di tahun 2000 an, jenis ini cenderung untuk memiliki visual 3D dan sudut pandang orang ke-tiga.Contohnya: Tomb Rider, Grand Theft Auto dan Prince of Persia

d.Petualangan
lebih menekankan pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat. Termasuk didalamnya:
-Petualangan dengan teks atau sistem tunjuk dan klik, contoh: Kings Quest, Space Quest, Heroes Quest, Monkey Island, Sam and Max,

-Novel atau film interaktif, seperti game “dating” yang banyak beredar di jepang, Contohnnya : Dragons Lair dan Night Trap.

e.Role Playing Game (RPG)
Pada Game ini karakter dapat berubah dan berkembang ke arah yang diinginkan pemain.Contoh RPG yang sesuai cerita: Final Fantasy, Dragon Quest dan Xenogears.Contoh RPG yang bebas menentukan jalan cerita: Ultima, Never Winter Nights, baldurs gate dan final fantasy.

f.Olahraga
Game ini memainkan seperti memainkan salah satu jenis olahraga, baik sebagai satu karakter atau satu tim. Contohnya: Seri Winning Eleven, seri NBA, seri FIFA, John Madden NFL, Lakers vs Celtics, Tony hawk pro skater, dll

g. Casual games
Jenis ini biasanya memerlukan spesifikasi komputer yang standar pada jamannya dan ukurannya tidak lebih dari 100 MB karena biasanya dapat di download versi demo-nya di website resminya.Contoh: Diner Dash, Sally Salon, Bejeweled, Zuma, Feeding Frenzy, Insaniquarium.


Game Engine
Game engine (bahasa Indonesia: mesin permainan) adalah sebuah sistem software yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game.
Game engine biasanya datang dengan berbagai macam jenis dan ditujukan untuk berbagai kemampuan pemrograman. Ada 3 tipe game engine yang ada saat ini, diantaranya :
1. Roll-your-own game engine
Banyak perusahaan game kecil seperti publisher indie biasanya menggunakan engine-nya sendiri. Mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri. Di sisi lain, mereka kadang menggunakan library komersil atau yang open source. Terkadang mereka juga membuat semuanya mulai dari nol. Biasanya game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar diberikan secara gratis, juga memperbolehkan mereka (para developer) lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya. Tower Games Studio membutuhkan satu tahun penuh untuk menyempurnakan game engine-nya, hanya untuk ditulis ulang semuanya dalam beberapa hari sebelum penggunaannya karena adanya bug kecil yang sangat mengganggu.
2. Mostly-ready game engines
Engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer/programer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Banyak dari mereka yang sudah benar-benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama. Game engine semacam ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar-benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini adalah Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini dapat menyingkat menghemat waktu dan biaya dari para developer game.
3. Point-and-click engines
Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly. Anda bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget. Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini tidak berguna, bagi developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game engine seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman dan merilis game-game mereka secepatnya.
Game engine gratis
1. OGRE
2. Irrlicht
3. Panda3D. Contoh game-nya : Pirates of the Caribbean Online.
4. Crystal Space
5. jME
6. Blender Game Engine
7. Reality Factory
8. The Nebula Device 2
9. RealmForge
10. OpenSceneGraph
Game engine berbayar
1. C4 Engine
2. Torque Game Engine
3. 3DGameStudio
4. TV3D SDK 6.5
5. Leadwerks Engine 2
6. Unity. Contoh game-nya : Tiger Woods PGA Tour Online.
7. DX Studio
8. NeoAxis Engine
9. Visual3D.NET Game Engine
10. Esenthel Engine

Referensi
http://www.ilhamsk.com/perbandingan-game-engine/ http://teg849.wordpress.com/perkembangan-game/






Rabu, 29 Desember 2010

seastar




gambarnya aneh huhuhuhu........ harap dimaklumi karena baru belajar ngedit pake photoshop....

Rabu, 17 November 2010

panduan desain grafis bagian 3

disadur dan diterjamahkan dari:
The Ultimate guide to graphic design 2nd edition
for MacUser

Line art
Membuat ilustrasi line art adalah cara terbaik untuk membuat fotografis yang indah, ini bisa dilakukan dengan mudah jika kita memakai Photoshop dan Illustrator.
Pada abad ke15 , pencetakan hanya dapat dilakukan tanpa adanya pengeditan gambar sebelumnya. Namun pada abad ke 19, gambar mulai bisa diedit dengan mengambar dengan tangan diatas foto yang nyata. Ini dilakukan biasanya untuk iklan dikoran pada saat itu.

Metode ilustrasi
Adobe Illustrator adalah alat yang sempurna untuk membuat ilustrasi line art, selama desainnya memang diedi dengan tujuan agar gambar menjadi lebih lembut, bersih dan simple.
Metode Photoshop
Dengan Photoshop kita dapat membuat banyak efek pada gambar, dan banyak fasilitas yang digunakan untuk mengedit gambar agar lebih bagus dengan cara-cara yang praktis dan simple.

A sampai Z dari men-Desain

  • Action : Photoshop Actions sangat berguna karena bekerja secara otomatis dan cepat.
  • Adjustment Layers : Ini sangat berguna untuk melapisi gambar agar menjadi lebih baik tampilannya
  • Adobe Bridge : ini bisa mengskalakan tampilan dan thumnails dengan ukuran berapapun.
  • Backgrounds : Background dapat diedit agar sesuai dengan gambar utama atau agar orang yang melihat ledapat lebih fokus pada gambar utama
  • Baseline grids : kegunaannya adalah untuk membuat susunan dan rancangan gambar menjadi terlihat seperti professional
  • Batch Processing 1 : ini menjelaskan bagaimana mengambil folder yang penuh dengan gambar dari sumber yang berbeda dan menempatkan meraka ke ukuran besar dan warna yang sama.
  • Batch Processing 2 : Pada bagian ini masih adalah sambungan dari bagian sebelumnya namun Batch processing ini dapat memakai Adobe bridge
  • Bezier curves 1 : alat ini sangat berguna untuk mendesign, namun penggunaannya cukup sulit
  • Bezier curves 2 : ini bisa mengubah desain dari pensil sang iluatrator mnejadi lebih halus tampilannya pada saat ditampilkan dilayar
  • Colour balances : meyediakan 3 warna dasar untuk diedit yaitu merah, hijau dan biru
  • Colour spaces : ini berguna untuk menyesuaikan warna pada tampilan dikomputer dan pada alat cetak sehingga hasil cetakan memuaskan
  • Distortion : ini membuat tampilan gambar dapat ditampilakan dengan sisi yang berbeda
  • Dodge and Burn : ini dapat membuat gambar menjadi lebih hidup dengan tata pencahayaannnya
  • Embossing : Ini adalah pengaturan bagaiman bayangan dan cahaya dari gambar
  • Extracting images : fitur ini dapat menmotong gambar secara otomatis dan mudah sehingga kita tidak perlu mengerjakannya dengan sulit dan harus mendetail.
  • Fill and stroke : kita dapat membuat tampilan gambar yang sangat sederhana menjadi lebih artistik dengan penambahan komposisi warna didalamnya
  • Filters : alat ini dapat membuat tampilan gambar menjadi lain misalnya menjadi seperti lukisan, bercahaya ataupun menjadi buram
  • Free-to-use pictures : sangat pening untuk menggunakan gambar yang berlisensi sehingga kita tidak melanggar hukum hak cipta
  • Free transform : ini dapat membuat gambar yang tadinya beresolusi rendah menjadi tidak pecah pada saat ditampatkan dengan ukuran yang besar.
  • Gradients : ini dapat membuat warna menjadi lebh bergradiasi
  • Graphics tablets : ini adalah alat untuk mengambar seperti kita menggambar dikertas memakai pensil
  • Graphs ini illustrator : pada Photoshop dapat digunakan untuk menggambar graf dan dapat digabungkan dengan projek lain
  • Grep styles in Indesign CS4 : ini dapat digunakan untuk memodifikasi kata dalam teks
  • Hard light mode : bisa untuk meningkatkan kontras, ketajaman, dan banyak lagi
  • History : dapat mendokumentasikan langkah kerja sehingga user dapat dengan mudah kembali ke langkah kerja itu
  • Image size : ini adalah ukuran image
  • Image stacks : untuk mengkomposisikan detail ari sebuah gambar
  • Isometric projection : ini adalah kunci jika ingin membuat gambaran lingkungan seecara 3D
  • Jargon : bahasa harus diperhatikan agar dapat berhubungan dengan klien
  • Joining and spliting paths in illustrator
  • Jpeg : salah satu format paling populer untuk menyimpan gambar dikamera
  • Kerning and tracking : ini merupakan bagian pengaturan tampilan teks
  • Key commands : ini perlu dipelajari agar dapat lebih mudah mengakses peralatan yang ada dalam photoshop
  • Layer blending : ini dapat digunakan untuk memperkuat karakter gambar
  • Layer styles : adalah jenis layer, ini dapat dikombinasikan sesuai keinginan
  • Light and shade : bila ada elemen yang tidak diinginkan pada gambar maka kta dapat menggunakan ini agar tampilannya menjadi lebih baik
  • Liquify filter : ini digunakan untuk mengedit gambar sehingga menjadi sangat ekstrim perubahannya
  • Mask ini illustrator and Photoshop : ini unutk merubah tampilan pada area tertentu pada gambar
  • Measurements from a photo : ini diperlukan agatr komposisi gambar bisa baik
  • Moving objects : ini digunakan untuk mengedit gambar dengan mudah agar tampilan gambar menjadi lebih rapi
  • Noise reduction : ini untuk meperlihatkan objek tertentu yang ingin ditonjolkan pada gambar
  • Non-destructive editing : ini digunakan agar gambar yang ditempatkan lebih sesuai posisinya
  • OpenType : ini agar kita dapat mendapatkan pilihan huruf
  • Optimising Photoshop : ini digunakan karena Photoshop memerlukan banyak memory untuk menempatkannya
  • Paragraphs rules : untuk mengatur pragraf
  • Pathfinder panel : ini digunakan untuk memotong gambar dan disatukan untuk dibuat model 3D nya
  • PDFs : dengan Photoshop kita dapat mengedit dan mengimpan file dengan format PDFs
  • Perspective : dengan memakai perspektif kita dapat merubah sudut pandang objek utama
  • Plug-ins : dengan ini kita dapat menambahkan peralatan yang ada
  • QuicKeys : dengan satu shortcut kita dapat mengkombinasikan tugas yang berbeda
  • Quick mask : kita dapat mengedit suatu area tertentu pada gambar lebih cepat dengan ini
  • Raw images : berhubungan dengan mengenai bagaimana gambar yang diambil dengan kamera
  • Rifine Edge : ini digunakan untuk menyeleksi gambar dengan detail
  • Reflection : untuk mengubah sudut gambar
  • Rule of third : adalah mengenai penempatan objek utama pada gambar
  • Smart objects : untuk mengenali objek tertentu pada gambar dan mengeditnya
  • Smart guides : membantu dalam pemindahan objek
  • Styles sheets : ini adalah jenis-jenis lembar kerja
  • TextEdit : merupakan fitur untuk melakukan manipulasi teks
  • Typography : untuk mengedit teks agar lebih sesuai penempatannya
  • Unknown fonts : jika ada jenis huruf yang tidak diketahui maka kita dapat mencarinya dengan internet
  • Unsharp mask : ini adalah cara yang fleksibel untuk menajamkan atau mehaluskan gambar
  • Upscaling : ini adalah bagian dimana gambar diperbesar
  • Vector objects : objek yang berbentuk dari verktor akan tetap tajam dan jelas bagaimanapun kita memindahkan atau mengedit ukuran gambarnya
  • Vector vs bimap : gambar vektor akan telihat lebih halus jika diperbesar dibandingkan dengan gambar bitmap yang akan pecah jika diperbesar
  • Workspaces : di Adobe Photoshop kita dapat menentukan area kerja kita sendiri
  • Wrapping text : ini adalah mengenai bagaimana pengeditan teks sehingga lebih mudah dibaca
  • X and Y axes : sumbu X dan Y ini sangat berpengaruh dengan sudut pandang gambar
  • Z axis : sumbu Z juga berpengaruh jika kita bekerja dengan gambar 3D
  • Zooming images : ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memperbesar gambar di Adobe Photoshop