PERKEMBANGAN GAME PC
Pada tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO, game grafis noughts and crosses (nol dan silang). Game ini dibuat di University of Cambridge. Saat itu sebenarnya ini dibuat untuk mendemontrasikan tesis Douglas tentang interaksi manusia dan komputer.Permainan ini masih populer hingga saat ini.
Namun sebenarnya dipercaya sejak tahun 1947 game sudah mulai didesain untuk dimainkan di layar (cathode ray tube). Game sederhana dirancang oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann.Tanggal 14 Desember 1948, aplikasi ini mendapatkan paten. Sistem yang dibuatnya terdiri dari 8 vacum tubes dan menyimulasikan peluru ditembakkan pada target, terinspirasi dari display radar pada Perang Dunia II. Beberapa knop disediakan untuk mengatur kurva dan kecepatan titik yang mewakili peluru. Karena grafik belum bisa dibuat waktu itu, target penembakan digambar pada sebuah lapisan yang kemudian ditempelkan pada CRT. Diyakini bahwa ini adalah sistem pertama yang secara spesifik didesain untuk game pada layar CRT.
Hingga saat ini Game PC terus berkembang pesat, walaupun sudah banyak bermunculan console game (seperti PlayStation, X-Box, dll). Penggunaan Game PC sudah dapat dilakukan multiplayer yang berdomisili di tempat yang jauh.
JENIS-JENIS GAME PC
Sebenarnya jika diingin dibedakan jenisnya Game PC akan sangat banyak sekali. Namun, kurang lebih sebagian besar adalah sebagai berikut:
1. SIMULASI/SIMULATION
adalah game yang memiliki alur seperti simulasi. ada beberapa variasi dari game simulasi ini antara lain:
a. Simulasi kehidupan
game ini seperti menggambarkan tentang kehidupan nyata. Seperti manusia/hewan dengan perkembangannya, kehidupan sosial, lingkungan, dan lain-lain. Tantangan pada game ini adalah bagaimana caranya agar pemain dapat menjalankan segala permasalahan dari karakter yang dimainkannya. Contohnya:Sim City, The Sims, Tamagochi.
b. Simulasi kendaraan
Game ini menggambarkan interaktifitas yang mirip dengan kendaraan yang aslinya, muskipun terkadang kendaraan tersebut masih eksperimen atau bahkan fiktif, tapi ada penekanan khusus pada detil dan pengalaman realistik menggunakan kendaraan tersebut. Terbagi atas beberapa jenis :
-Perang. ini menggunakan kendaraan perang . Contohnya Apache 64, Comanche, Abrams, YF-23, F-16 fighting eagle.
-Balapan. ini memberikan pengalaman layaknya seorang pembalap. Contohnya : Top Gear, Test Drive, Sega Rally Championship, Daytona, Grand Turismo, Need For Speed, Mario Cart, ManXTT.
-Luar Angkasa. ini menggambarkan pengalaman berkendara diluar angkasa. Contohnya:Wing Commander, Freelancer , Star Wars X-Wing, Star Wars Tie Fighter
c.Mecha
Mecha merupakan sebutan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan robot. Pada game ini pemain akan seperti mengendalikan robot. Contohnya :Mechwarrior, Gundam Last war Chronicles, dan Armored Core.
2.EDUCATION
Game ini dibuat tidak hanya untuk hiburan namun juga agar pemain berpikir lebih cepat dan cerdas untuk memenangkan game ini sehingga dapat mendorong cara belajar si pemain.Game jenis ini ada 2 yaitu:
a.Edugames
sesuai namanya, Game ini dibuat memang untuk belajar seperti huruf, angka, berhitung, membaca, dan lainnya yang berhubungan dengan pendidikan.Contohnya :Bobby Bola, Dora the explorer, Petualangan Billy dan Tracy.
b.Puzzle
Game ini berisikan permainan teka-teki. Pemain harus berpikir cerdas untuk memenangkan Game ini. Contohnya: Tetris, Minesweeper, Bejeweled, Sokoban dan Bomberman.
3.ENTERTAINMENT
Game ini dibuat hanya untuk hiburan semata.Ada beberapa jenisnya lagi yaitu:
a.Shooting
(tembak-tembakan , atau hajar-hajaran bisa juga tusuk-tusukan, tergantung cerita dan tokoh di dalamnya), video game jenis ini sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, juga timing, inti dari game jenis ini adalah tembak, tembak dan tembak. Termasuk didalam-nya:
- First person shooting (FPS) seperti Counter Strike dan Call of Duty.
- Drive n’ shoot, menggunakan unsur simulasi kendaraan tetapi tetap dengan tujuan utama menembak dan menghancurkan lawan, contoh : Spy Hunter, Rock and Roll. Racing, Road Rash.
- Shoot em’ up, seperti Raiden, 1942, dan gradius.
- Beat ‘em up (tonjok hajar) seperti Double Dragon dan Final Fight, lalu hack and slash (tusuk bebas) seperti Shinobi dan Legend of Kage.
- Light gun shooting, yang menggunakan alay yang umumnya berbentuk seperti senjata, seperti Virtua Cop dan Time Crisis.
b.Fighting ( pertarungan )
Game ini memang memerlukan kecepatan refleks dan koordinasi mata-tangan, tetapi inti dari game ini adalah penguasaan jurus (hafal caranya dan lancar mengeksekusinya), pengenalan karakter dan timing sangatlah penting. Contohnya: Seri Street Fighter, Tekken, Mortal Kombat, Soul Calibur dan King of Fighter
c.Aksi – Petualangan
game jenis ini sudah berkembang jauh hingga menjadi genre campuran action beat-em up juga, dan sekarang, di tahun 2000 an, jenis ini cenderung untuk memiliki visual 3D dan sudut pandang orang ke-tiga.Contohnya: Tomb Rider, Grand Theft Auto dan Prince of Persia
d.Petualangan
lebih menekankan pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat. Termasuk didalamnya:
-Petualangan dengan teks atau sistem tunjuk dan klik, contoh: Kings Quest, Space Quest, Heroes Quest, Monkey Island, Sam and Max,
-Novel atau film interaktif, seperti game “dating” yang banyak beredar di jepang, Contohnnya : Dragons Lair dan Night Trap.
e.Role Playing Game (RPG)
Pada Game ini karakter dapat berubah dan berkembang ke arah yang diinginkan pemain.Contoh RPG yang sesuai cerita: Final Fantasy, Dragon Quest dan Xenogears.Contoh RPG yang bebas menentukan jalan cerita: Ultima, Never Winter Nights, baldurs gate dan final fantasy.
f.Olahraga
Game ini memainkan seperti memainkan salah satu jenis olahraga, baik sebagai satu karakter atau satu tim. Contohnya: Seri Winning Eleven, seri NBA, seri FIFA, John Madden NFL, Lakers vs Celtics, Tony hawk pro skater, dll
g. Casual games
Jenis ini biasanya memerlukan spesifikasi komputer yang standar pada jamannya dan ukurannya tidak lebih dari 100 MB karena biasanya dapat di download versi demo-nya di website resminya.Contoh: Diner Dash, Sally Salon, Bejeweled, Zuma, Feeding Frenzy, Insaniquarium.
Game Engine
Game engine (bahasa Indonesia: mesin permainan) adalah sebuah sistem software yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game.
Game engine biasanya datang dengan berbagai macam jenis dan ditujukan untuk berbagai kemampuan pemrograman. Ada 3 tipe game engine yang ada saat ini, diantaranya :
1. Roll-your-own game engine
Banyak perusahaan game kecil seperti publisher indie biasanya menggunakan engine-nya sendiri. Mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri. Di sisi lain, mereka kadang menggunakan library komersil atau yang open source. Terkadang mereka juga membuat semuanya mulai dari nol. Biasanya game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar diberikan secara gratis, juga memperbolehkan mereka (para developer) lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya. Tower Games Studio membutuhkan satu tahun penuh untuk menyempurnakan game engine-nya, hanya untuk ditulis ulang semuanya dalam beberapa hari sebelum penggunaannya karena adanya bug kecil yang sangat mengganggu.
2. Mostly-ready game engines
Engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer/programer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Banyak dari mereka yang sudah benar-benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama. Game engine semacam ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar-benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini adalah Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini dapat menyingkat menghemat waktu dan biaya dari para developer game.
3. Point-and-click engines
Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly. Anda bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget. Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini tidak berguna, bagi developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game engine seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman dan merilis game-game mereka secepatnya.
Game engine gratis
1. OGRE
2. Irrlicht
3. Panda3D. Contoh game-nya : Pirates of the Caribbean Online.
4. Crystal Space
5. jME
6. Blender Game Engine
7. Reality Factory
8. The Nebula Device 2
9. RealmForge
10. OpenSceneGraph
Game engine berbayar
1. C4 Engine
2. Torque Game Engine
3. 3DGameStudio
4. TV3D SDK 6.5
5. Leadwerks Engine 2
6. Unity. Contoh game-nya : Tiger Woods PGA Tour Online.
7. DX Studio
8. NeoAxis Engine
9. Visual3D.NET Game Engine
10. Esenthel Engine
Referensi
http://www.ilhamsk.com/perbandingan-game-engine/ http://teg849.wordpress.com/perkembangan-game/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar