Selamat datang meow... Semoga ada artikel yang dapat bermanfaat untuk Anda.. meow... Salam kenal.. meow..meow..

Rabu, 10 November 2010

panduan desain grafis bagian 2

disadur dan diterjamahkan dari:
The Fundamentals of Graphic Design
oleh Gavin Ambrose, Paul Harris

Bab 1 -Desain grafis sebagai suatu disiplin-

Desain grafis membutuhkan ide-ide, konsep, teks dan gambar dan menyajikan mereka dalam. Seorang desainer agar pesannya dapat disampaikan pada pemirsa maka dalam perancangan membutuhkan filosofis, estetika, sensorik, emosional atau politik
Pengertian desain grafis
Desain grafis adalah seni visual kreatif disiplin yang mencakup banyak hal . Antara lain termasuk seni, tipografi, tata letak halaman, teknologi informasi dan aspek kreatif lainnya.
Desainer grafis
Seorang desainer dasarnya memiliki dua peran dalam proses: memenuhi desain singkat dan melaksanakan pekerjaan.
Struktur dan metode kerja
Setiap studio desain memiliki etos khususnya sendiri, gaya, tujuan, pengaruh dan budaya. Ini adalah garis besar beberapa lingkungan dimana desainer dapat bekerja didalamnya.
1.Grup disain yang mempengaruhi antara lain nasional atau internasional desain grup, kantornya, urutan jabatan , penanganan keuangan dan maneger proyek
2.Cara bekerja yaitu antara lain freelance, kerjasama, berkolaborasi dengan perusahaan atau designer lainnya
Desain grafis hari ini
Desain grafis telah berkembang dan diadaptasi untuk mengubah dengan memasukkan teknologi baru di dalam berkomunikasi kepada audiens yang lebih tersegmentasi.


Bab 2 -Pengaruh dan elemen kreatif-

Desain grafis bergantung pada berkembang intelektual dan estetika tren yang mempengaruhi karya desainer dan mencerminkan sikap masyarakat pada umumnya.
Sebagai contoh, desain merubah cara kita memandang dunia dan ini jelas dalam gerakan seperti Modernisme, Postmodernisme dan Deconstructivism. Kecenderungan ini membantu membentuk pengembangan dan evolusi dari grafis desain sebagai disiplin kreatif, yang membuka pintu baru
dimana memungkinan tercipatanya kreatif dan alat-alat baru dengan yang untuk memenuhi tantangan desain ke depan .
Desain grafis: seni atau kerajinan?
Desain grafis adalah sebuah proses multidisiplin yang mengacu pada sumber-sumber kreatif. Beberapa melihatnya sebagai sebuah kerajinan - salah satu diantaranya perdagangan dari pencetakan tradisional dan penerbitan proses - orang lain sambil melihatnya lebih sebagai
seni.
Teknologi
Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan.
Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan.
Tipografi
Tipografi adalah sarana yang tertulis dalam ide yang diberi bentuk visual. Ini adalah salah satu yang paling berpengaruh dalam unsur-unsur yang membentuk karakter dan emosional atribut desain, dan bentuk visual
Konsumerisme
Konsumerisme dampak pada desain grafis karena produk kemasan dan iklan memiliki jendela semakin sempit dan terbatas kesempatan untuk terhubung dengan konsumen.
Identitas dan branding
Sebuah identitas adalah jumlah dari kualitas yang identik dengan tingkat pelayanan organisasi. Branding adalah proses dimana identitas ini diberikan sebuah ekspresi visual.
Tanggung jawab sosial
Dalam industri desain ada kecenderungan untuk pertanyaan etis sudut pandang dalam hubungannya dengan seluruh dunia isu-isu seperti gender, kemiskinan dan pemanasan global.
Modernisme dan postmodernisme
Modernisme dan postmodernisme mengacu pada berbagai pandangan dunia yang berkembang dan dipandu kreatif aktivitas pada titik-titik berbeda pada abad kedua puluh.
Nostalgia dan retorika
Desainer menggunakan berbagai cara untuk menyampaikan artinya, sering memanfaatkan norma-norma budaya bersama, nilai-nilai, sejarah dan bahasa. Penggunaan simbol atau tokoh heroik dari masa lalu untuk mendukung atau mewakili sudut pandang atau kualitas tertentu adalah contoh dari penggunaan nostalgia dan retorika.
Semiotika
Semiotika adalah studi tentang tanda-tanda yang menawarkan penjelasan tentang bagaimana orang ekstrak makna dari kata-kata, suara dan gambar.
Bahasa daerah
Bahasa sehari-hari melalui mana kelompok, komunitas atau wilayah adalah yang mengkomunikasikan vernakular. Ini adalah aspek yang berulang dalam grafis desain sebagai desainer menarik di vernakular oleh menggabungkan 'ditemukan' item.


Bab 3 -Proses desain grafis-

Proses desain grafis melibatkan semua langkah yang diperlukan untuk menghasilkan sepotong cetakan , dari ide-ide konseptual klien untuk pengembangan desain sketsa dan semua yang berhubungan dengan proses produksi seperti printer dan programer.
Bagaimana proses ini disusun dan dilaksanakan ditentukan oleh kompleksitas pekerjaan, kisaran
media itu sedang dibuat untuk dan jumlah lainnya orang yang terlibat dalam proses.
The brief
brief adalah garis besar apa yang diinginkan klien untuk mencapai desain yang memuasakan. Berbekal alat berpikir kreatif, pengaruh pribadi dan sumber bahan, desainer bisa merespon singkat dan menghasilkan solusi kreatif untuk itu.
Mengartikulasikan desain
Setiap elemen desain bisa berkomunikasi dengan penonton, tapi pesan mungkin tidak mudah diidentifikasi atau dipahami oleh semua penonton karena perbedaan dalam cara orang menerima atau menafsirkan informasi.
Sumber inspirasi
Desain adalah disiplin dibentuk oleh beragam dan eklektik set pengaruh baik dari masa lalu dan sekarang, yang menginformasikan pilihan dan keputusan dibuat selama proses desain. Pengaruh mungkin dapat mempengaruhi keseluruhan struktur dan isi pekerjaan.
Desain sebagai pemecahan masalah
Pemecahan masalah memerlukan berbagai elemen desain dan tidak hanya membuat asumsi seperti apa masalah sebenarnya.
Berpikir kreatif
Desain grafis adalah sebuah proses kreatif yang tidak lebih dari sekedar menanggapi singkat klien. Kreatif desain juga mengeksplorasi tema-tema yang lebih luas untuk menemukan solusi optimal untuk singkat ..
Wit dan humor
Desain grafis memiliki lingkup yang sangat besar untuk menyajikan dan mengeksploitasi kecerdasan grafis seperti berusaha untuk berkomunikasi ide untuk pemirsa. Humor sering sangat mengesankan dan bantu retensi pesan.
Lapisan makna
Desain dapat membawa beberapa lapisan makna atau ide yang berbeda dengan menggunakan perangkat berbagai grafis. Lapisan ini bisa menyampaikan ide luar sederhana
formal penyajian informasi dalam sepotong komunikasi karena mereka dapat terhubung dengan ide yang lebih luas dan referensi yang dimiliki oleh target pembaca.
Pengembangan dan eksperimentasi
Desain adalah sebuah proses kreatif yang melapisi eksperimentasi dan pengembangan visual dan
ide fisik
Arah seni
arah Seni adalah sebuah proses yang memandu penciptaan unsur visual desain. Sebuah seni
memanfaatkan dan mengintegrasikan berbagai elemen dalam desain untuk menghasilkan sebuah tampilan dan penyampaian pesan yang tepat
Prototyping
Mendapatkan dari ide desain untuk sebuah proyek direalisasikan tidak selalu mudah dan mungkin memerlukan jumlah yang cukup prototipe untuk mendapatkan hal yang benar.
Commissioning seni
Artwork mencakup berbagai elemen visual yang tidak selalu diciptakan oleh desainer, seperti ilustrasi dan fotografi. Desain adalah sebuah kolaborasi proses yang melibatkan banyak hubungan, dan komisioning memberikan peluang kaya dan beragam bagi para desainer untuk mewujudkan kreativitas mereka dengan memanfaatkan keterampilan eksternal yang diperlukan.


Bab 4 -Penyampaian pesan-

Desain grafis disajikan untuk target penonton melalui berbagai media dari cetak selebaran untuk poster dan website. Dengan demikian, bab ini beisiskan bagaimana berbagai pesan disampaikan menggunakan teknik luas array, alat dan metode. Bab ini berfokus pada berbagai platform yang desainer miliki mereka untuk menyerahkansecara kuat dari spesifikasi pesan - dari cetak dan layar melalui lingkungan fisik.
Cetak
Percetakan adalah istilah kolektif yang mengacu pada berbagai metode yang digunakan untuk menerapkan tinta ke substrat seperti offset lithography, layar-percetakan, gravure, letterpress, panas-logam, potong Lino, termografi, ink-jet dan pencetakan laser. Metode ini memungkinkan teks dangambar yang akan dicetak pada berbagai substrat dari kertas dan karton, untuk keramik dan tekstil.
Direct mail
Direct mail adalah bentuk pemasaran yang mencoba untuk menyajikan konsumen potensial dengan pesan mengenai produk atau layanan tertentu daripada hanya meningkatkan profil merek, yang tujuannya untuk iklan. mail dapat langsung di cetak atau elektronik bentuk dan keduanya dikirim 'langsung' ke pengguna akhir untuk memperoleh respon yang membeli untuk produk atau layanan tertentu.
Informasi desain
Desain memainkan peranan penting dalam efektif komunikasi informasi. Sebagaimana telah kita lihat, desain dapat mengkomunikasikan informasi yang sangat spesifik dengan cara yang sangat spesifik, dan kemampuan ini dapat diklasifikasikan sebagai desain informasi. Informasi desain mencakupmerancang strategi yang diarahkan untuk diseminasi informasi yang tepat untuk tujuan yang tertentu.
Pengemasan
Kemasan adalah substrat yang mencakup dicetak komunikasi, yang juga melakukan fungsi lain seperti memegang dan melindungi isinya dari kerusakan akibat dari perubahan suhu atau cahaya. Pengemasan desain adalah area khusus yang mencakup pemasaran, yang menggunakan ruang dua dan tiga-dimensi, dan penempatan item dalam lingkungan penjualan.
Layar desain
Layar desain adalah setiap pesan atau komunikasi yang pada akhirnya disampaikan pada, atau melalui layar antarmuka. Ini bisa menjadi layar komputer, Blackberry, atau apapun yang serupa perangkat elektronik. Layar desain telah berbeda pertimbangan fisik dari desainnya.
Desain lingkungan termasuk informasi dan signage, terarah pameran ruang dan luar ruangan
media atau iklan. Ini mencakup semua desain yang ada dalam lingkungan di sekitar kita.
Meskipun banyak dari keahlian desain adalah sama seperti untuk cetak dan desain digital, desain lingkungan memiliki beberapa yang berbeda di dalamnya karena ruang yang berbeda dan pertimbangan khusus dan dimensi pekerjaan telah berfungsi di dalamnya.


Bab 5 -Pengadaan pekerjaan-

Sungguh ironis bahwa banyak desainer grafis, meskipun dapat menciptakan desain yang menarik, gambar kenangan dan bahkan ikonografis untuk mempromosikan pada klien mereka, namun seringkali harus ada perjuangan keras ketika mereka harus mempromosikan diri sendiri. Target promosi diri adalah kunci untuk desainer untuk mendapatkan pekerjaan tetap dan sukses pada desain grafis, seperti industri kreatif, harus didukung oleh platform ekonomi yang solid.
Promosi diri merupakan bagian integral dari kerja dari setiap desainer grafis, apakah individu praktisi atau anggota dari suatu biro desain berkembang. Bab ini menguraikan beberapa pertimbangan utama untuk mempromosikan bisnis desain Anda.
Promosi diri
desainer grafis mendapatkan sebagian besar komisi mereka melalui promosi diri. Sukses selfpromotion dimulai dengan melakukan penelitian yang memadai tentang klien atau badan; desainer harus mencari tahu sebanyak mungkin tentang sifat dan lokasi mereka
Portofolio
portofolio adalah kumpulan dari potongan-potongan terbaik pekerjaan oleh seorang desainer dan digunakan untuk menampilkan kemampuan dan bakat khusus mereka untuk klien prospektif.
Efektivitas portofolio tergantung pada bagaimana cara penyajian dan pemilihan yang hati-hati.


Bab 6 -Proses produksi-

Ini bab terakhir yang perlu diperhatikan pada sebuah dasar tool kit desainer grafis digunakan untuk membuat dan menghasilkan desain yang efektif. Alat untuk melepaskan dan menyalurkan ide-ide kreatif dari proses desain menjadi dapat dikerjakan dan fisik produk - melalui proses pencetakan atau untuk elektronik aplikasi seperti halaman web. Bagian ini juga mencakup informasi dasar tentang bagaimana memastikan bahwa kontrol dipertahankan atas penggunaan gambar dan warna.
Alat dasar
Desainer memiliki akses ke berbagai alat-alat tradisional dan modern yang memberikan fleksibilitas yang besar dalam proses desain dan pekerjaan yang hasilnya. Dari kerajinan berbasis alat, seperti pisau bedah dan pemotongan tikar, untuk sebuah komputer pribadi dengan tablet gambar, desainer juga dapat mengekspresikan diri mereka dengan sejumlah cara dengan bereksperimen dan mengembangkan gagasan visual.
Spesialis warna
Warna merupakan bagian penting dari desain grafis saat ini, tapi itu adalah sesuatu yang diminta konsumen, klien dan desainer memberikan sesuai permintaan. Warna dapat membuat desain menjadi lebih hidup, membantu untuk mendirikan hirarki, sorot kunci informasi dan menambah kecepatan dan emosi untuk desain. Namun, aspek desain ini yang mudah terjadi kemugkinan kesalahan dan menyebabkan masalah ketika pekerjaan mencetak salah.
Format file
Desainer harus bekerja dengan berbagai jenis gambar elektronik yang tersimpan di berbagai media penyimpanan karena ada berbagai jenis gambar format yang akan digunakan. Gambar digital dapat disimpan dalam beberapa cara, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan naun ini tergantung pada kebutuhan desainer grafis
Cetak finishing
Cetak finishing meliputi berbagai proses yang digunakan untuk memberikan sentuhan akhir dalam pekerjaan pencetakan. Proses ini mungkin termasuk die-cutting, embossing, debossing, foilblocking, varnishing dan cetak-layar.
Lampiran
Bagian ini terdiri dari glossary ilustrasi yang berfungsi sebagai referensi bagi banyak persyaratan sering digunakan dalam desainer grafis profesional dalam rangka untuk memfasilitasi komunikasi gagasan dan spesifikasi.Dalam glossary ini juga bertujuan untuk melayani sebagai inspirasi - memberikan ide-ide dan merangsang kreativitas.
Bagian ini berisi daftar organisasi, sebuah bibliografi yang dipilih dan koleksi pada kontak dengan rincian untuk lembaga desain yang menyediakan karyanyadalam buku ini.
Glosarium
Desain grafis mencakup berbagai terminologi yang diperoleh dari berbagai disiplin ilmu untuk menjelaskan proses kreatif . Istilah-istilah dalam glosarium ini memfasilitasi komunikasi antara
berbagai pemain kunci dan tahapan dalam desain dan proses produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar