Selamat datang meow... Semoga ada artikel yang dapat bermanfaat untuk Anda.. meow... Salam kenal.. meow..meow..

Rabu, 10 November 2010

panduan desain grafis bagian 1

disadur dan diterjemahkan dari:
The Production Manual : A graphic design handbook
oleh Gavin Ambrose, Paul Harris


Pengenalan
Untuk membuat suatu design yang bagus selain karena ide sang designer tetapi juga harus ada teknik untuk menghasikan design yang baru dan menarik. Hal-hal yang yang perlu diperhatikan dalam menndesign adalah:
1. dasar-dasar untuk mendesain
2. elemen-elemen
3. pewarnaan
4. pre-press
5. produksi
6. proses penyelesaian


1. Dasar mendesain
ini fokus dalam pengukuran, ukuran standar, dan beberapa kosakata yang digunakan dalam design

pengukuran
pengukuran yang dipakai bisa apasaja, namun yang dibahas kali ini adalah pengukuran yang digunakan dalam proses tipografi yaitu tentang pengukuran pasti dan relatif
-pengukuran pasti
yaitu pengukuran yang ukurannya dalam bentuk nilai pasti,
-pengukuran relatif
yaiut ukuran yang relatif yang terfantung pada pengaturan pada awalnya , misal ukuran spasi pada tiap jenis huruf berbeda

ukuran standar
ada beberapa ukuran standar yaitu:
-ukuran kertas dan amplop
ukuran kertas dan amplop ada beberapa jenis yaitu:
-ukuran buku dan poster
-ukuran buku
-ukuran poster
single sheet(762 mm x 508 mm)
four-sheet (1534 mm x 1016 mm)
12-sheet (3048 mm x 9096 mm)
96-sheet (3048 mm x 12192 mm)
yang populer di eropa adalah ukuran 3048 mm x 3048 mm dan 6096 mm x 6096 mm

rancangan
tantang pengaturan bentuk dan ukuran yang merupakan komponen design dari hasil kerja yang telah disusun. agar rancangan menjadi lebih efektif maka perlu diperhatikan beberapa prinsip umum perancangan, antara lain:
-recto / verso
recto adalah bagaian kanan gambar dan verso adalah bagian kiri gambar
-area aktif dan pasif dari rancangan
penempatan gambar dan tulisan di daerah aktif akan lebih mudah dibaca atau ditangkap oleh mata manusia.
-halaman
tempat dalam halaman harus diisikan dengan elemen tekstur dan visual yang disusun berdasarkan rancangan


2. elemen-elemen
Seorang desainer menggunakan beberapa elemen untuk menghasilkan desain dan ini semakin melibatkan media elektronik dari berbagai jenis file.

tipe gambar
-gambar raster dan vektor
Sebuah citra raster adalah setiap yang terdiri dari piksel dalam grid.
Gambar vektor berisi objek scalable banyak yang
didefinisikan oleh rumus matematika atau path daripada piksel.
-tipe gambar yang lain
Sebuah gambar digital dapat disimpan dalam beberapa format file yang berbeda, seperti bitmap, line art, half-tone

tipe file
Seorang desainer biasanya akan menggunakan hanya beberapa format file ketika bekerja dengan gambar, namun ini juga pentin untuk seorang disainer untuk mengunakan format lainnya
-format file
PSD, TIFF, PDF, EPS, BMP dan JPEG
-penyimpanan gambar-gamber
Ketika seorang desainer menciptakan atau bekerja pada gambar, salah satu yang paling penting dilakukan adalah format file yang harus disimpan.

bekerja dengan gambar
hal-hal yang harus diperhatikan:
-mengukur ulang gambar
-channels
Setiap gambar digital berisi beberapa saluran yang berbeda yang menyimpan informasi untuk warna yang berbeda
-lapisan dan gambar yang dikombinasi
-penyesuaian lapisan
-bekerja dengan jalan klipping
untuk mengisolasi subjek foto atau salah satu unsur dalam gambar
-masker/pelindung
untuk mengubah jumlah cahaya dicatat dalam foto.

manipulasi gambar
proses tampilan visual dari gambar asli diubah.
-mengubah gambar dan filter
-paralaks dan transformasi
memungkinkan penghapusan akurat distorsi dimana koreksi dibutuhkan, dan distorsi elemen grafis yang akan ditambahkan ke gambar yang memiliki perspektif

tipe
adalah elemen tekstur dalam desain yang biasanya diterapkan melalui penggunaan karakter mengeset,
-letterforms
-keselarasan
-kata dan huruf spasi
-hyphenation dan justifikasi
-kerning
meningkatkan atau mengurangi ruang antara huruf individu untuk menyelesaikan kombinasi problematis.
-leading dan baseline
-runaround
-karakter khusus


3.pewarnaan
Warna memberikan dinamisme untuk desain, menarik perhatian pemirsa,dan mungkin memunculkan respons emosional

terminologi dasar
-penjelasan warna
warna memiliki panjang gelombang cahaya yang berbeda
-kecerahan, hue dan saturation
berhubungan dengan wrna pada layar (RGB) dan cetak (CMYK)

manegemen warna
proses yang mengatur bagaimana warna diterjemahkan dari
salah satu peralatan dalam proses pencetakan yang lain
-jarak warna
-pantone dan spot warna

pengkoreksian warna
Berbagai kontrol koreksi otomatis memungkinkan desainer untuk melakukan penyesuaian standar sederhana untuk gambar memperbaiki warna
-dasar pewarnaan
-warna yang variasi dan terpilih
-pemindahan warna
-koreksi warna menggunakan hue
-dodge dan burn

pengkreatifan warna
ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan warna yang kreatif yaitu:
-lapisan warna
-gambar multiple
-grayscale dan tones gambar
-multi-tones
-warna half-tones

warna di cetakan
-dasar yang benar
dasar dalam proses pencetakan harus benar
-pencampuran warna dan pewarnaan

warna di layar
-warna web-safe
yaitu warna yang sesuai dengan format web.


4.pre-press
Ini sangat penting jika ingin klien mendapatkan sesuai yang mereka telah harapkan.

resolusi
-resolusi dan kedalaman pixel
-spi,ppi,dpi dan lpi

scanning
Pemeriksaan dilakukan pada berbagai metode yang berbeda digunakan pada berbagai tahap,yang paling penting yaitu penghitungan ukuran gambar

teknik kreatif
-overprinting
-half-tones dan gradients

artwork
Bagian ini memperkenalkan gagasan karya seni, memastikan jenis, foto dan ilustrasi dengan benar detail untuk mencetak, dan beberapa yang umum trapping yang dibuat dalam produksi pekerjaan cetak berwarna

imposition
-perencanaan
-throw-outs dan gatefold
-tip-ins dan tip-ons
yaitu perbedaan penambahan halaman untuk pengunjung website yang berbeda

proofing
memeriksa warna, pendaftaran dan output tata letak proses cetak-produksi.


5.produksi
ini sangat berpengaruh dalam hasil dari gambar yang telah didesain

pencetakan
proses dimana tinta dalam bentuk desain diterapkan di bawah tekanan untuk substrat untuk meninggalkan kesan.
-pemesanan pencetakan dan cetakan
-imposisi pencetakan
-sudut pendang layar
-gradients dan pewarnaan
-tebal garis

proses pencetakan
-metode pencetakan
Ada empat proses utama yang digunakan oleh industri percetakan komersial - offset lithography, gravure, letterpress dan sutera layar - yang semuanya berbeda dalam biaya, kualitas produksi dan produksi
tingkat atau volume.

on-press
ini adalah ketika proses pencetkan berlangsung dan memiliki hal penting dalam hal pencampuran warna

kertas
yang harus diperhatikan dalam pemilihan kertas adalah:
-kualitas kertas
-tipe kertas dan kualitas cetakan
-kemampuan bertahan


6.penyelesaian
Finishing mencakup berbagai proses untuk memberikan sentuhan akhir

binding
Binding adalah proses melalui mana berbagai halaman yang terdiri dari pekerjaan yang mengumpulkan dan aman diadakan bersama sehingga mereka berfungsi sebagai publikasi.

teknik spesial
-pencetakan spesialis
-embossing dan debossing
-metode pemotongan

laminating dan varnishes
Laminasi dan pernis adalah cetak selesai diterapkan pada pekerjaan dicetak untuk menambahkan sentuhan akhir ke permukaan.


folding dan trimming
-tipe fold
-trimming dan guillotining
Setelah pekerjaan telah dicetak, itu hasil ke tahap finishing untuk menjalani proses seperti pemangkasan, dimana saham kelebihan dipotong dari desain untuk menghasilkan format akhir.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar